Featured

    Featured Posts

Berapa Usia Yang Pas dan Ideal Untuk MENIKAH ?

"Berapa Usia Yang Pas dan Ideal Untuk MENIKAH ?" - Ternyata, usia yang pas untuk menikah antara laki-laki dan perempuan itu berbeda banget lho.
Berapa sih usia yang pas dan ideal untuk menikah?
Berapa sih usia yang pas dan ideal untuk menikah?
 
Beberapa waktu lalu, banyak sekali remaja yang melakukan pernikahan di usia muda. Ada yang memang karena memutuskan untuk melakukannya, ada juga yang menikah dikarenakan alasan tertentu seperti hamil di luar pernikahan atau perjodohan yang dilakukan oleh orang tua. Tapi, tahukah kamu berapa usia yang pas dan ideal bagi seseorang untuk menikah?

Berdasarkan beberapa literatur, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) menyarankan usia pernikahan yang ideal bisa dilakukan oleh perempuan berusia 20 sampai 21 tahun dan laki-laki berusia 25 tahun. 

Hal ini disebabkan oleh pernikahan tidak hanya memerlukan kematangan fisik belaka, tapi juga kematangan emosional atau psikis. Di rentang usia yang sudah disebutkan di atas, perempuan dan lelaki sudah bisa mengetahui integritas fisik dan kondisi emosionalnya sehingga tingkat perceraian diusahakan bisa berkurang karena kesadaran tersebut.

Perempuan yang berusia di bawah 20 tahun memiliki kondisi reproduksi yang lebih panjang sehingga kemungkinan untuk memiliki anak lebih dari dua sangatlah besar. Yang menjadi masalah adalah apakah suatu hari seorang ibu muda ini bisa merasa cukup bisa mendidik dan membesarkan semua anaknya tersebut dengan baik? Sementara itu, perempuan yang berusia di atas 20 tahun biasanya lebih bisa memanajemen hal yang baik bagi keluarganya. Dari mulai kesehatan, pendidikan, sampai perekonomian.

Begitu juga dengan lelaki yang berusia di bawah 25 tahun biasanya masih belum memiliki kematangan emosional sehingga kemungkinan tidak bisa memberikan nafkah lahir batin dan pendidikan kepada keluarga lebih besar. Itulah sebabnya, pernikahan memerlukan usia yang cukup untuk bisa menjalankan kehidupan rumah tangga yang saling memahami satu sama lain.


Jadi, sudah siapkah kamu jika pasangan minta di nikahi ?
author

Jangan lupa sebarkan artikel ini !

Blogger yang baik selalu meninggalkan pesan komentar. "Melancarkan rejeki orang lain. Sama Hal nya dengan melancarkan rejeki diri sendiri."

Get Free Email Updates to your Inbox!

Posting Komentar

www.CodeNirvana.in

Copyright © Blogcopet | Blogger Templates | Designed By Code Nirvana